Blog Dasar Laptop

Panduan Ringkas Belajar Desain Grafis

Desain / Inspirasi

Butuh Inspirasi Desain? 5 Situs Desain Grafis Ini Pasti Bikin Kamu Betah

blog-desain-grafis

 

Sebenarnya bikin desain itu relatif gampang. Kenapa? Karena tutorialnya banyak banget dan mudah dipraktekkan langsung.

Gak percaya? Coba praktekkan belajar desain grafis yang saya buat sebelumnya.

 

Yang susah itu apa sih? Cari inspirasi buat desainnya.

Walaupun saya bisa mendesain, tapi saya seringkali suntuk gara-gara miskin inspirasi. Tapi kalau udah nemu inspirasinya, beh, ngajak ngobrol paling gak saya ladeni.

 

Nah, apalagi kalau untuk pemula, banyak-banyakin deh stock of inpiration kamu.

Saya dulu awal-awal belajar juga gitu (sampai sekarang sih sebenarnya).

Fungsinya itu biar kita banyak wawasan terkait dengan penataan hurufnya, jenis hurufnya, penataan garis, penataan obyek, pewarnaan, komposisi dan paduan antara huruf, warna, obyek, dan banyak lainnya.

 

Itulah kenapa, saya sering menyarankan untuk belajar desain dengan memperbanyak inspirasi karya-karya desain dulu.

…Oke kita langsung menuju tkp.

 

1.Behance

blog-desain-grafis-1

 

Disinilah pertama kalinya saya kagum dengan dunia desain grafis. Disini pula saya pertama kali menemukan desain-desain luar biasa. Ada yang sederhana (tapi tetap keren), ada juga yang ribet.

Rujukan pertama saya jika lagi suntuk ya kesini.

Behance itu pada dasarnya merupakan tempat portofolio para desainer dari seluruh dunia. Mereka mempublikasikan hasil karyanya disana dan nanti pengunjung bisa memberikan komentar dan rating.

 

Kategorinya banyak banget, mulai dari A sampai Z. Serius. Cek aja kesana.

Yang saya suka dari behance itu tampilan karya desainnya itu banyak gitu, jadi bisa lebih menyeluruh melihat hasil karyanya.

 

blog-desain-grafis-2

 

Dibandingkan dengan web lainnya, saya lebih senang melihat portofolio di behance karena kemudahan dan kenyamanan melihat hasil karyanya.

 

2.Envato

blog-desain-grafis-3

 

Envato ini hampir sama kayak behance, tempatnya portofolio karya desain dari desainer seluruh dunia. Bedanya adalah kalau disini mereka langsung menawarkan harga dari jasa desain mereka. Harganya bro, fantastis. Ya emang sesuai sih sama kualitas desainnya yang keren-keren.

 

Ati-ati nanti kepengen jadi ahli desain kayak mereka yang naruh portofolio disana. Tapi ya gak apa-apa, biar makin banyak desainer di dunia ini. Hahahaahaa…

 

blog-desain-grafis-4

 

Tuh, bisa dilihat kan  harganya. Fantastis kan? Tambah pengen ya jadi desainer grafis?

 

Terus, kategori desainnya juga cukup banyak, mulai dari logo, website, video, animasi, dan lainnya.

Desain-desainnya juga keren-keren, bisa untuk menambah inspirasi desain kita.

 

3.Abduzeedo

blog-desain-grafis-5

 

Kalau ini agak beda dengan 2 diatas tadi.

Ini sebenarnya website pribadi desainer dari Brazil. Dan kontributornya pun terbatas dari negara Brazil sendiri dan juga USA.

Tapi, hasil karyanya gak kalah sama yang ada di Behance dan Envato. Sama-sama kerennya.

Desain-desain dari abduzeedo ini juga cukup banyak nangkring di laptop saya, sebagai bahan referensi ketika membuat desain, misal kayak desain kartu nama.

 

blog-desain-grafis-6

 

Dan enaknya, disini sering menerbitkan daily inspiration. Sehingga kamu bisa mendapatkan inspirasi desain setiap hari. Tinggal pilih deh mana yang ingin kamu simpan di laptopmu.

 

4.Dribbble

blog-desain-grafis-7

 

Yang ini, kembali lagi kayak diatas, sama konsepnya kayak behance. Yaitu tempat berkumpulnya portofolio desain dari desainer seluruh dunia.

Disini juga ada seabrek hasil karya desainer hebat. Cuma, gak ada kategori-kategorinya, jadi gak leluasa milih-milih. Hehehe

Tapi tenang aja, kamu bisa memfilter dari fitur cari di web itu kok. Misal pengen cari desain poster, typografi, dan lain sebagainya.

 

blog-desain-grafis-8

 

Dan tampilan untuk tiap hasil karya desainnya juga kurang leluasa dilihat, karena cuma dikasih tampilan tunggal gitu, beda kayak behance. Tapi dari tampilan kayak gitu sebenarnya juga sudah cukup untuk bisa memberikan inspirasi lah ya.

 

5.Smashingmagazine

blog-desain-grafis-10

 

Kadang saya juga nemu beberapa desain keren disini. Ini bukan tempatnya portofolio kayak website diatas. Disini ya kayak orang posting hasil-hasil desainnya, ada tutorial, ada download-download font atau template, dan sebagainya.

 

Biasanya saya sering mampir kesini melalui perantara, yaitu google images. Hehehehe.

Ya wajar juga sih, mungkin karena banyak hasil desainnya yang bertebaran di muka bumi internet.

 

blog-desain-grafis-11

 

Tiap bulan disini ada postingan yang memuat tentang hasil-hasil desain, fotografi dan lainnya. Jadi tiap bulan pasti ada yang fresh disana.

Kategorinya juga cukup banyak, mulai dari coding, web design, photography, UI design, wordpress, dan lainnya.

 

 

 

 

Nah, itu dia 5 situs desain grafis yang saya rekomendasikan untuk membantu kamu mendapatkan inspirasi desain.

Sebenarnya masih banyak ya, kalau kamu cari di google gitu pasti ada lebih dari 20 situs yang bisa dijadikan referensi desain.

Kalau kamu mau menambahkan, silahkan masukkan di kolom komentar ya biar referensi desain kita makin banyak.

 

 

27 Comments Butuh Inspirasi Desain? 5 Situs Desain Grafis Ini Pasti Bikin Kamu Betah

  1. Jane

    I will immediately take hold of your rss feed as I can’t to find your
    email subscription link or e-newsletter service.
    Do you’ve any? Kindly permit me know so that I may subscribe.
    Thanks.

    Reply
  2. best golf nets

    Many thanks for sharing that good written content on your web site.
    I ran into it on google. I will be going to check back again as soon as you publish even more aricles.

    Reply
  3. The net return

    This article comprises fantastic genuine thinking.
    The informational content here shows that things aren’t so black and white.
    I feel wiser from just reading this. Keep posting.

    Reply
  4. indoor golf nets

    I completely understand everything you have said. Actually, I looked
    through your other articles and I think you happen to be certainly right.
    Fantastic job with this website.

    Reply
  5. Bridgette

    Keep up the wonderful piece of content, I read few posts on this site and I think that your web blog
    is truly interesting as well as includes lots of exceptional
    information.

    Reply
  6. serovital-hgh

    Thank you for sharing exceptional informations. Your website is very cool.
    I’m stunned at the details which you’ve put on this web site.
    It unveils how perfectly you recognize this subject. Bookmarked this web
    page, will come back for a lot more articles. You, amigo, ROCK!
    I discovered simply the information I already searched all over the place and simply couldn’t come across.

    What a perfect website.

    Reply
  7. best golf nets

    This is the kind of information I’ve long been looking for.
    Many thanks for posting this information.

    Reply
  8. http://contourcamera.lt

    whoah tһis blog іs magnificent i likᥱ reading your articles.
    Stay ᥙp the good worҝ! Yⲟu realize, а lot оf individuals are
    searching гound for thіѕ infⲟrmation, youu ϲould aid
    them ǥreatly.

    Reply
  9. Florence

    I go tⲟ see everyday some blogs and blogs to rеad articles, ɦowever thiѕ weblog
    gіves quality based articles.

    Reply
  10. φθηνη ασφαλεια αυτοκινητου

    Ꮤhat’ѕ up, I desire to subscribe fоr tҺiѕ web site to get neѡest
    updates, so ѡherе ϲan і Ԁo іt plᥱase hᥱlp out.

    Reply
  11. Asfaleiaautokinhtou.Com

    Ԍood post. Ι learn ѕomething totally new and challenging on blogs I
    stumbleupon оn a daily basis. It ԝill alwaүs Ьe
    intereѕting too reаɗ thгough articles from otheг writeers and practice
    ѕomething from tһeir web sites.

    Reply
  12. 3 μινι ασφαλεια αυτοκινητου

    Attractive portion ⲟf content. I just stumbled upօn yoսr blog аnd in accesion capital to assert tһat I ɡet actuazlly enjoyed account ʏour weblog posts.Any wway І’ll
    be subscribing on үouг augment oг even I fulfillment үou get right of eentry tο сonstantly rapidly.

    Reply
  13. ασφαλειες αυτοκινητων smart

    Hi there, I discovered yօur web site ƅу way of Google even as searching for a similаr topic, youhr
    website ցot hегe up, it seemѕ to be gߋod. I’ѵe boolmarked itt іn my google
    bookmarks.
    Helo tҺere, simply Ƅecome aware of yoսr weblog ѵia Google, аnd located that іt’s reаlly informative.
    ӏ’m gߋing to be careful fߋr brussels. I աill apprᥱciate fⲟr
    thоse who conttinue this іn future. А ⅼot
    of people might be benefited from уoսr writing.
    Cheers!

    Reply
  14. Madeleine

    Subsequently, after investing much time on the internet
    at past We’ve found anyone that definitely does understand what they’re
    discussing thank you a lot fantastic blog post.

    Reply

Leave a Reply