Blog Dasar Laptop

Panduan Ringkas Belajar Desain Grafis

Desain / Inspirasi

4 Alasan Kenapa Perlu Belajar Desain Grafis Mulai Sekarang

kenapa-belajar-desain

 

Beberapa hari kemarin sebelum saya membuat artikel ini, saya nyasar ke blog milik Rafal Tomal. Blognya seorang desainer grafis dan pengembang web. Disana saya banyak menemukan artikel keren tentang dunia desain grafis, bahkan hingga akses ke konten premiumnya.

 

Nah, saya akhirnya terinspirasi untuk juga berbagi apa yang saya baca disana. Sebenarnya bisa saja langsung saya share, tapi masalahnya blognya berbahasa inggris. Khawatirnya beberapa pembaca kurang bisa memahami, oleh karena itu saya bahasakan sesuai bahasa saya.

 

Selain karena memang kontennya bagus, saya juga jadi flashback ke masa lalu sebelum saya memulai belajar desain grafis. Dan dalam postingan ini saya juga tambahkan opini saya pribadi berdasar pengalaman.

 

 

# Alasan 1 : Pekerjaan sebagai Graphic Designer dibutuhkan di berbagai bidang (Fulltime maupun freelance)

Untuk kamu yang saat ini belum menjajaki pekerjaan sebagai graphic designer dan mau nyemplung ke bidang desain, berbanggalah. Pintu bagi seorang desainer terbuka lebar. Coba aja cari di google, lowongan pekerjaan sebagai desain grafis.

Banyak banget perusahaan yang butuh kreativitas dari seorang desainer grafis. Bukan perusahaan kecil aja lho, bahkan perusahaan-perusahaan besar pun butuh.

 

Kenapa kok mereka butuh?

Segala hal yang berkaitan dengan bisnis, mulai dari pembuatan produk hingga pemasaran ke konsumen, semua butuh desain. Semisal aja desain kemasan produk, desain banner promosi, desain tampilan iklan, desain souvenir, desain website, dan masih banyak lainnya.

Perhatikan aja di sekitar kamu, mulai dari buku, kemasan produk, majalah, kaos, billboard, iklan di TV, iklan di internet, dan lainnya. Itu semua menggunakan jasa seorang desainer grafis.

 

untitled-1

 

Open your eyes, everything is designed.

 

Nah, walaupun gak bekerja sebagai fulltime employer, kamu masih bisa menjadi freelancer. Sekarang banyak banget orang yang bekerja juga sebagai freelancer desainer grafis. Mereka mengikuti kontes pembuatan logo, banner, corporate identity, packaging, web design, UI, dan banyak lagi.

Bahkan, sahabat saya sendiri meminta saya membuatkan desain banner untuk jualan gorengan di rumahnya. Bisnis sederhana sekalipun juga butuh desain.

 

 

# Alasan 2 : Meningkatkan value dari diri kita

Dulu, ketika saya menempuh pendidikan di jurusan desain grafis, teman saya bilang “Wih keren pak, anak desain itu keren-keren lho”.

Ya walaupun bukan itu poinnya, setidaknya ada pengakuan dari orang pada umumnya. Hehehe

Poinnya adalah bahwa kita punya skill lain yang tidak dimiliki kebanyakan orang. Perhatikan aja, berapa banyak temanmu yang punya skill desain grafis? (anak dari jurusan desain grafis gak usah ikut jawab, udah tahu jawabannya. Hahahaa)

Bahkan untuk sekedar populer di dunia maya, kita butuh yang namanya desain. Entah itu mengedit foto biar lebih cakep, menambah kata-kata macam quote gitu, menambah shape tertentu, dan lainnya.

Walaupun gak berniat menjadikannya pekerjaan, tapi dengan skill desain grafis, tentu kita lebih percaya diri. Kita bisa membuat cover untuk tugas sekolah (sendiri), bisa bikin desain kaos (sendiri), bisa bikin desain souvenir untuk temen yang ultah (sendiri), bikin desain undangan (sendiri), dan banyak lagi.

 

 

# Alasan 3 : Kemampuan meningkat = Profit meningkat = Uang jajan bertambah

Ini bagi kamu yang menjalani pekerjaan sebagai desainer grafis, baik fulltime maupun freelance. Kebanyakan para desainer grafis sudah puas dengan kemampuannya. Alhasil karya desainnya hanya itu-itu aja.

Persaingan semakin ketat, banyak orang yang terjun ke dunia desain grafis. Dan perkembangan selera konsumen terhadap hasil karya desain itu juga berkembang. Kalau dulu populernya adalah desain-desain yang ramai, sekarang berganti dengan desain minimalis, sederhana, flat.

 

Jadi, jangan pernah puas dengan kemampuanmu saat ini. Bukan saatnya berada di zona nyaman. Move on! You are not the one.

 

Teruslah berlatih, memperbanyak wawasan, memperbanyak stok inspirasi, update selera desain konsumen, bergaul dengan banyak desainer dari lokal maupun global.

Kalau udah gitu, pasti uang jajanmu bisa bertambah. Kalau kata orang luar negeri sana, more profit = more tacos. Hahahaaa

 

tacos-1613795_960_720

 

Ngiler ya? Sama.. Hahahaha. Makanya belajar desain, biar bisa dapat uang jajan buat beli tacos.

 

 

# Alasan 4 : Memperbanyak jaringan

Dan yang terakhir sudah jelas ya, bahwa kalau kita banyak belajar kita akan mendapatkan jaringan yang lebih luas.

Kenapa bisa begitu?

Kalau kamu belajar dan skillmu meningkat, klienmu pasti akan bertambah. Itu kalau kamu bisa satu jenis desain. Kalau bisa jenis desain lain, misal selain desain logo, kamu juga bisa desain brosur, maka otomatis klienmu juga berkembang.

Selain itu, kalau kamu banyak belajar dari para desainer, maka sudah tentu temanmu juga banyak yang bisa diajak berbagi.

 

Bahkan bisa jadi kamu tidak akan menduga bahwa ada klien-klien yang meminta jasa desain ke kamu diluar kebiasaan desain kamu (jadi jasa desain baru). So, stay foolish, stay hungry. There are many customers are waiting for your new design skill.

 

 

 

Jadi, tertarik untuk belajar desain grafis? Sebenarnya saya juga masih belajar dan seterusnya akan belajar. Kita semua adalah makhluk pembelajar, jadi pada dasarnya kita tidak akan mungkin bisa berhenti untuk belajar.

Yang membedakan hanyalah effort untuk belajar. Kalau kamu ada tambahan alasan kenapa kita perlu belajar desain grafis, sampaikan aja di kolom komentar. Dan kalau kamu pengen temen-temenmu juga sadar tentang pentingnya belajar desain, share ke mereka, dan kita semua akan belajar bersama.

7 Comments 4 Alasan Kenapa Perlu Belajar Desain Grafis Mulai Sekarang

    1. PRAMBUDI

      iya bener, apalagi kalau jual ke luar negeri..
      beh, dolar bisa mengalir, tapi emang persaingannya ketat..

      Reply

Leave a Reply