Blog Dasar Laptop

Panduan Ringkas Belajar Desain Grafis

Desain / Galeri / Panduan

Ingin segera menikah? Begini Cara Membuat Desain Undangan Pernikahan Kurang Dari 10 Menit

cara membuat desain undangan pernikahan

 

Beberapa hari lalu saya meminta pendapat ke teman-teman FB saya karena saya ingin membuat tutorial desain lagi. Pilihannya waktu itu antara cara membuat desain kalender atau cara membuat desain undangan pernikahan.

Lalu, salah satu teman saya Yaumil Birri a.k.a Kali Pentest meminta untuk membuat desain undangan pernikahan saja. Karena dia ngebet banget minta dibuatin, alhasil jadilah sekarang ini. Hahahaaa

 

Bagi yang mau menikah, tentu perlu kan membuat undangan pernikahan. Ya bisa sih kita sewa jasa desain atau langsung ke percetakan. Tapi kalau bisa bikin sendiri, tentu lebih bangga kan? Nah, bagi kalian yang mau membuat sendiri desain undangan pernikahannya, saya mau bagi cara membuat desain undangan pernikahan nih.

 

Gak susah kok, selama mau belajar. Dan kalau pun masih belum bisa banget, saya kasih template desainnya, jadi kalian tinggal edit aja. Enak kan? Hehe

Masukin email kalian di sidebar (kalau buka lewat pc berarti ada di sebelah kanan atas, kalau buka lewat hp berarti ada di bawah setelah artikel ini).

 

Saya juga menyertakan videonya, bisa dilihat di youtube.

 




Sudah gak sabar? Sama, saya juga. Hehe

Kita mulai dari merencanakan dulu desain undangan pernikahannya mau dibikin gimana. Mau dibuat yang modern kah, yang minimalis kah, yang rame kah, yang bagaimanakah? Di contoh saya ini, saya inginnya desain undangan pernikahannya nanti simpel aja, minimalis tapi tetap elegan.

Kalau mau cari inspirasi desain-desain undangan pernikahan yang keren, kalian bisa cari aja di google, atau di brides.com, disana cukup banyak desain undangan pernikahan yang bikin ngiler.

 

Kalau sudah, baru kita mulai membuat desain undangan pernikahannya di corel draw, seperti biasa saya pakai corel draw x7. Proses membuat desain ini gak lebih dari 10 menit, tapi kalau kamu langsung edit template yang saya kasih ya bisa cuma 5 menit.

 

 

 

Cara membuat desain undangan pernikahan di corel draw

 

Langkah 1 : Membuat tulisan pembuka

Tulisan pembuka ini bisa diganti sesuai dengan adat masing-masing ya, kalau saya itu mencontoh dari undangan pernikahannya orang luar negeri.

 

cara-membuat-desain-undangan-pernikahan

 

Disini saya membuat tulisannya sejajar kanan kiri sehingga terlihat simetris. Sehingga ada kata yang ukurannya lebih kecil atau lebih besar. Tinggal ketik aja (pakai Text Tool) terus tarik untuk memperbesar atau memperkecil. Cara detailnya bisa lihat di video ya.

Untuk warnanya, sesuaikan aja sama gambar utama di desainnya biar kelihatan harmonis.

 

 

Langkah 2 : Membuat gambar bunga menjadi vector

Kenapa kok dibuat vector? Biar lebih keren, biar nilai artistiknya lebih terasa. Kenapa gambar bunga? Karena bunga identik dengan pernikahan, tapi kalau mau diganti sama yang lain ya silahkan, sesuaikan aja sama tema pernikahannya.

Caranya tinggal cari gambarnya terus import ke corel draw dan jadikan vector melalui tool trace bitmap. Nah, nanti hasilnya akan ada yang agak kurang bagus jadi perlu dipoles. Detailnya di video ya.

 

 

Langkah 3 : Membuat tulisan penutup

Sama aja prosesnya dengan ketika kita membuat tulisan pembuka tadi. Bedanya kan isinya, kalau disini kan untuk menunjukkan waktu dan tempat pengadaan acara pernikahannya. Kalau mau ditambahi juga bisa.

 

 

Langkah 4 : membuat tulisan nama pengantinnya

Karena ini tadi buat desain undangannya untuk kita sendiri, ya namanya nama kita dong. sekedar info bahwa nama pengantin dibawah adalah rekayasa belaka (kecuali yang cowoknya) Hahahaaa.

Caranya simpel kok, tinggal bikin lingkaran sebagai background tulisannya (karena kan nanti ditaruh diatasnya gambar bunga tadi, kalau langsung tulisannya nanti gak keliatan) terus dibuat transparan (cek video) dan setelah itu kita buat tulisannya dan taruh deh diatasnya lingkaran itu.

 

cara membuat desain undangan pernikahan

 

 

Langkah 5 : membuat background texture kertas

Biar undangannya terlihat lebih artistik lagi, buat backgroundnya ada texture kertas, tapi kalau misal kertas undangannya nanti sudah ada texture kayak gitu ya sudah tidak perlu dibikin gitu desainnya (sehingga ini juga menyesuaikan dengan media undangannya).

Caranya tinggal buat kotak terus impor gambar texture (cari di google banyak) dan masukin deh ke kotak pakai tool Powerclip.

 

 

Langkah 6 : mempercantik desain

Ini biasanya memang jadi langkah terakhir setelah desain utama kita jadi. Karena biasanya ada aja yang bikin kita kurang pas sama desainnya, nah makanya itu perlu diperiksa ulang setiap selesai membuat desain.

Di contoh saya ini ternyata masih terlalu minimalis. Hehe

 

cara membuat desain undangan pernikahan

 

Maka dari itu saya tambahkan potongan-potongan gambar bunga tadi di setiap sudut kotaknya. Dan bukan sulap bukan sihir, jadilah lebih keren.

 

 

Langkah 7 (terakhir) : menata obyek-obyek desainnya

Kalau semuanya sudah dibuat, mulai dari tulisan pembuka dan penutup, kemudian gambar-gambar sampai pada hiasan-hiasan, maka saatnya untuk melakukan penataan agar terlihat harmonis.

Di desain saya itu saya lakukan penataan center semua sehingga terlihat selaras dari atas hingga bawah. Kalau mau dibikin berbeda juga silahkan, sesuai selera saja.

 

Dan terakhir paling terakhir, opsional sih, bisa dicoba ditempelkan pada gambar mockup undangan pernikahan untuk melihat hasil jadinya, seperti yang saya lakukan.

 

Nah dari sini, kita sudah menyelesaikan desain undangan pernikahannya, tinggal dieskpor ke format JPEG dan siap deh untuk dicetak. Gimana? Mudah kan cara membuat desain undangan pernikahan sendiri? Kalau mau lebih mudah dan praktis, download aja file template desain undangan pernikahannya. Tinggal masukin email di sidebar newsletter dan nanti kamu bisa mendownload filenya.

 

Oh ya, kalau ada temenmu yang mau menikah, coba deh kamu share ke mereka. Siapa tahu mereka butuh artikel cara membuat desain undangan pernikahannya sendiri. Tentu nanti temenmu akan sangat bangga karena bisa bikin desain sendiri.

3 Comments Ingin segera menikah? Begini Cara Membuat Desain Undangan Pernikahan Kurang Dari 10 Menit

Leave a Reply