Blog Dasar Laptop

Panduan Ringkas Belajar Desain Grafis

Desain / Panduan

[STUDI KASUS] Cara Membuat Banner Produk Makanan Yang Bisa Bikin Jualan Laris Manis

 

Halo, berjumpa lagi, setelah sekian lama. Baru sempat bikin tutorial lagi, dan sekarang mau bikin tutorial tentang cara membuat banner, kali ini studi kasusnya bikin banner produk makanan.

Sebelumnya, kita lihat dulu gambar dibawah.

Gambar 1

 

Gambar 2

 

Mana yang lebih membuat kita tertarik untuk membeli? Paham kan bagaimana pentingnya desain dalam iklan.

Kalau anda pemilik produk dan ingin menjualnya dengan laris, maka sudah tentu harus ada promosi. Nah kalau promosinya cuma foto produknya gitu aja, pasti kurang menarik kan? Disini saya mau share tutorial cara membuat banner produk biar lebih menarik.

 

Langsung saja ya…
Berikut ini cara membuat banner produk (makanan) menggunakan corel draw (X7) dan menggunakan adobe photoshop. Tapi perlu diperhatikan, disini saya cuma memberikan contoh banner sesuai dengan imajinasi saya, kalau mau coba yang lain silahkan.

 

Sebelum masuk ke tutorial cara membuat banner, ada beberapa hal yang mau saya sampaikan:

  • Saya selalu menekankan untuk para pembaca mencari inspirasi sebelum mendesain. Karena bagaimanapun cara tercepat untuk belajar membuat desain adalah dengan cara ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
  • Dalam tutorial cara membuat banner berikut ini teknik dasar yang dipelajari adalah: menghilangkan background foto produk dengan photoshop, teknik cropping di coreldraw, teknik shadowing di coreldraw, typography dan harmonisasi warna

 

Oke, saya mulai langsung ya. Siapkan amunisinya biar bisa langsung praktek. Dalam tutorial ini saya bagi jadi 7 tahap. Dan ada video yang bisa digunakan untuk memperjelas tutorialnya.

 

 

 

 

1 Membuat background banner

Background ini saya pakai gambar papan kayu warna putih biar produknya terlihat kontras dan bersih. Selain saya memang suka desain yang simpel, hal itu juga bisa membuat orang fokus pada produk ketika melihat desain banner kita.

Kalau mau diganti dengan gambar lain silahkan, sesuaikan dengan produk anda. Anda bisa cari di google dan carilah yang tidak ada label situsnya (biasanya yang ada itu shutterstock). Kalau sudah, masukkan gambar itu di corel draw dengan menekan Ctrl+i atau File-Import.

 

 

2 Mengedit piring sebagai media produk

Karena saya ingin produk itu tampil di atas piring maka saya butuh gambar piring. Tinggal googling aja, pilih yang pas. Kalau sudah, baru masukkan ke corel draw.

Setelah itu saya ingin desainnya itu piringnya dipotong setengah, yang nanti setengahnya saya ganti menjadi tulisan. Maka dari itu disini saya menerapkan teknik cropping.

Klik di obyek piring terus klik crop tool yang ada di toolbox. Seleksi area yang ingin dipotong lalu klik enter.

 

 

Lalu setelah itu kita membuat bayangan atau shadowing. Klik di obyek piring lalu klik drop shadow tool di toolbox. Dan tempatkan kursor di piringnya, klik dan tahan lalu tarik ke bawah agak ke kiri, sesuaikan jaraknya lalu lepas kliknya. Terakhir kurangi drop shadow opacity yang ada di atas (property bar) menjadi 20.

 

 

3 Mengedit produk (Kremes Ubi)

Penting nih teknik ini, karena kalau produknya dibiarkan gitu aja sama kemasannya atau foto asal gitu akhirnya kurang menarik, maka perlu diedit. Disini kita hilangkan backgroundnya dan ambil hanya gambar produknya.

Saya memakai photoshop untuk memotong gambarnya. Berikut tahapannya (habis gitu lihat video ya biar lebih paham):

  • Masukkan gambarnya dengan klik 2 kali di area kerja photoshop.
  • Klik 2 kali di backgorund dan klik OK di menu dialog yang muncul.
  • Untuk memotongnya saya menggunakan Pentool, tinggal tekan huruf P.
  • Setelah itu klik di pinggiran obyeknya sampai ketemu titik awal dan titik akhirnya.
  • Dan klik kanan – Make selectionfeather radiusnya 2px – klik OK
  • Terus Cut dan Paste, setelah itu hapus layer background tadi.
  • Untuk mempercantik, edit kecerahannya dengan menekan ctrl+M dan arahkan kurva ke atas biar tambah cerah. Lalu klik ctrl+L terus atur-atur kanan kiri biar lebih tajam warnanya.
  • Habis gitu save deh, biar nanti bisa dimasukkan ke corel draw.

 

Nah, kemudian kita buat agar kremes ubinya bisa ada bayangannya. Caranya sama kayak yang ngedit piring tadi. Dan di konsep saya ada bagian kremesnya yang terpotong sama kayak piring tadi, caranya ya sama saja.

 

 

4 Membuat tulisan promosi

Selanjutnya adalah membuat tulisan untuk promosikan produknya. Di konsep saya, bentuknya nanti ingin saya buat seperti setengah lingkaran untuk melengkapi piring yang terpotong tadi.

Saya menggunakan font CHCMP (bisa diganti sesuai selera), setelah ditulis semua, baru deh diatur biar bisa sesuai konsep. Kata-katanya perlu ada yang dikecilkan, ada yang dibesarkan, yang dinaikkan, diturunkan, dan seterusnya (lihat video ya).

 

Untuk warnanya saya pilih warna merah yang agak soft biar bisa menarik minat beli orang yang melihat desain banner itu. Dan warna itu juga selaras dengan warna background yang putih itu.

 

 

Oh ya, ini juga bagian yang penting, kata-kata promosinya harus menarik dan bisa menjelaskan maksud dari produk anda, biar desainnya bisa bekerja dengan maksimal (efeknya terhadap yang melihat).

 

 

5 Mengedit produk part II

Ini untuk tambahan, yang tadi kan produknya atau isinya, nah yang ini adalah kemasannya biar bisa terlihat secara menyeluruh bagaimana sih produk kita.

Caranya sama saja dengan ketika mengedit gambar produk yang kremes tadi. Diedit di photoshop dan memakai Pentool. Karena bentuknya kotak-kotak gitu, jadi ngeditnya lebih mudah.

 

 

Setelah itu baru deh dimasukkan ke corel draw, ubah ukurannya jadi kecil dan tempatkan di pojokan biar tidak mengganggu tampilan utama produk.

 

 

6 Membuat pemanis desain

Pemanis ini agar desain bannernya lebih menarik lagi, biar tampil maksimal. Bisa diisi slogan atau tagline produk kita.

Disini saya membuat obyek berwarna seperti tulisan tadi dan ditempatkan di bawah sebagai aksen serta tempat tagline produk.

 

 

Tinggal bikin obyek kotak dengan Rectangle Tool lalu jadikan obyek itu menjadi curve dengan klik ctrl+Q. Terus bikin agar ujung kotak tadi agak ke bawah, dan kasih warna. Terakhir bikin tulisannya.

 

 

7 Mencantumkan logo produk

Terakhir dari yang terakhir nih, jangan lupa taruh logonya. Bisa taruh di atas pojok saja.

Oh ya, tadi hasil buatannya (editan produk, tulisan, dkk) jangan lupa ditata ya biar terlihat indah dan artistik.

 

 

 

Dan tadaaa, desain banner produknya selesai, dan beginilah adanya.

 

cara membuat banner-blogdasarlaptop.com

 

Susah? Iya memang levelnya agak menengah ini. Hehe

Tapi keren kan? Dengan begini tutorial cara membuat banner selesai. Kalau ada pertanyaan, langsung tanya saja lewat kolom komentar atau di facebook. Kalau bermanfaat, silahkan di share, mungkin ada yang lagi butuh juga.

Leave a Reply