Blog Dasar Laptop

Panduan Ringkas Belajar Desain Grafis

Desain / Panduan

Mau Belajar Desain Grafis? Hanya Butuh 20 Menit (Untuk Pemula)

belajar desain grafis untuk pemula

 

Kamu mau belajar desain grafis?

Mau kursus tapi gak ada uang, mau sekolah lagi gak mungkin?

Untung aja saya bisa desain grafis. Ya walaupun gak mahir-mahir amat sih.. hehe

Setidaknya bekal sekolah dulu di jurusan Desain Grafis dan beberapa kali mendapat proyek serta kompetisi desain grafis, cukup untuk membagi yang saya tahu dan bisa.

Sebenarnya gak sulit untuk belajar desain, selama memang ada kesukaan terhadap dunia desain.

Kalau kamu mau belajar tentang membuat desain, entah itu mau belajar membuat desain baju, desain poster, desain kartu nama, desain brosur, dan lainnya, maka kamu sudah tepat mampir kesini.

 

Saya gak akan menunjukkan ini itu tentang desain grafis, saya pribadi lebih suka langsung praktek saja agar bisa dengan mudah dan cepat dipahami.

 

…Oke, siap? Langsung saja ya..

 

Kali ini kita akan belajar membuat desain seperti gambar yang menjadi pembukaan di postingan ini.

Kalau kamu ingin cepat mempraktekkan, bisa saksikan langsung di video saya dibawah ini.

 

 

Atau kalau kamu juga butuh penjelasan, maka akan saya bahas.

Dengan waktu 20 menit, saya harap kamu bisa mengikuti apa yang saya praktekkan langsung di tool CorelDraw X7. Kenapa pakai coreldraw? Saya merasa lebih mudah kalau bikin gambar-gambar vektor dan membuat desain disana.

Oke, jadi tahapannya sebagai berikut :

 

0.Membuat sketsa gambaran yang mau didesain

Jangan salah sangka, sketsa disini bukan sketsa yang bagus banget gimana gitu.

Tapi cuma sekedar menggambarkan kamu ingin membuat desain yang kayak gimana?

Misal nih saya, ingin membuat gambar untuk menunjang postingan saya ini.

Secara umum, saya ingin ada gambar kotak berisikan gambar komputer (monitor, mouse, keyboard) kemudian ada tulisannya “Belajar Desain Grafis Untuk Pemula”. Udah gitu aja…

 

Yang penting jelas dulu apa yang ingin kamu desain.

Masalah nanti warna apa, letaknya gimana, fontnya apa, nanti dulu.

 

Oke, sekarang giliran kamu menentukan dulu ingin membuat desain yang gimana…

 

1.Membuat background utama

Hal pertama selanjutnya adalah membuat background utama. Kalau yang saya buat itu ya yang kotak tadi.

Toolsnya ada di sebelah kiri, bisa dilihat di video. Semua tools utama yang kita butuhkan ada disitu. Pilih icon gambar kotak terus tarik pointer sampai membentuk kotak yang kita inginkan. Ukurannya? Terserah, bisa ubah sendiri di kolom atas, yang sebelahnya kolom X,Y itu.

 

Kalau udah, baru deh diwarnai. Terserah warnanya apa. Bisa pilih di kolom yang kanan itu, yang banyak warnanya. Kalau kurang puas, bisa pilih lagi (lihat di video).

…Oke background utama udah selesai.

 

2.Membuat obyek-obyek utama

Tadi saya inginnya ada gambar komputer kan ya, ada monitornya, ada mousenya, ada keyboardnya.

Nah, kita buat satu per satu.

 

Untuk buat monitor gampang ya, sama aja kayak tadi. Tinggal dibentuk-bentuk aja sesuai keinginan. Untuk buat keyboard juga gitu.

Kalau untuk buat mouse, ini yang agak ribet. Karena harus merubahnya dulu jadi obyek vector. Sehingga nanti bisa disobek-sobek.. hahahaa

Maksudnya bisa di otak atik gitu garis-garisnya. Kalau punya saya itu kan dilengkung-lengkungin.

Lebih jelasnya bisa lihat di video ya…

 

3.Membuat obyek-obyek penunjang

Obyek penunjang itu obyek yang fungsinya hanya untuk pemanis. Tapi jangan banyak-banyak, nanti diabetes. Hahahha…

Bukan-bukan, maksudnya itu nanti penuh sesak dan kurang estetis. Menurut saya, desain yang keren itu yang tertata simetris, sederhana (minimalis), serasi antar warna dan letak.

Kalau di punya saya itu kan saya tambahin obyek semacam bintang atau apa itu ya, yang kecil-kecil itu. Kalau gak ada itu kan kesannya terlalu sepi ya, kurang nonjok. (bisa bandingkan dengan sebelum saya kasih itu).

Tata letaknya, jangan sampai mengganggu fokus obyek utama, dan jangan terlalu semrawut.

Keep It Simple, Son (KISS). Hahahaa….

 

4.Membuat tulisan utama

Nah, selanjutnya kita buat tulisan utama. Jangan lupa klik dulu tools huruf yang ada di kolom kiri tadi. Baru deh ketik tulisan yang diinginkan.

Udah diketik, kita tata.

Penataan tulisan yang bagus itu yang fontnya sederhana, mudah dibaca. Terus diletakkan secara proporsional antar tulisannya. Tebal nggaknya juga disesuaikan, besar kecilnya juga gitu. Itu untuk menambah nilai estetis.

 

Untuk warna, sesuaikan dengan warna background utama. Jangan sampai bentrok warna atau gak harmonis. Lihat aja, kalau kelihatan aneh dan malah membuat mata sakit, lebih baik jangan dipakai deh gabungan warna itu.

Tulisannya mau ditaruh disebelah obyek, dibawah, diatas? Terserah, selama memang proporsional. Lihat jarak antar sisi yang kosong.

 

5.Membuat tulisan penunjang

Ini opsional sih, tergantung kamu mau menambahkan apa tidak.

Misal mau ditambahkan nama kalian sebagai pembuatnya (ceileh udah jadi desainer).

Letakkan secara proporsional, jangan sampai mengganggu fokus tulisan utama.

Lain-lainnya sama aja kayak pas membuat tulisan utama.

 

6.Periksa lagi, tambahkan kalau kurang sesuai selera

Kalau udah selesai, coba lihat lagi. Udah sesuai dengan keinginan belum?

Kayak yang punya saya itu kan saya merasa sepi, akhirnya saya tambahi (yang obyek penunjang tadi dan tulisan penunjang).

 

Gak usah buru-buru dalam membuat desain. Santai aja, nikmati.

Biarkan jiwa senimu mengalir layaknya aliran darah, dan salurkan itu ke mouse dan keyboardmu.

 

Desain yang keren itu dibuat dengan sentuhan tulus dari jiwa seni pembuatnya. Gak usah dengerin orang lain dulu, nikmati aja desain bikinanmu sendiri. Lebih baik bisa bikin desain sendiri kan, daripada cuma edit template.

 

7.Ekspor ke format JPEG

Kalau sudah, baru deh kita ekspor ke format JPEG biar bisa kita pakai untuk diupload atau dicetak atau diapain lah.

 

 

 

…Nah, gimana?

Udah jadi desainmu? Susah? Kalau awal-awal mungkin butuh pembiasaan. Tapi contoh desain diatas saya buat se-sederhana mungkin sehingga bisa diikuti dengan mudah.

Saya yakin banyak pertanyaan yang mungkin menggelayut di pikiranmu.

Itu tadi tools apa ya, itu tadi gimana caranya ya, itu tadi kok bisa gitu ya, dan lainnya.

Feel free untuk sampaikan di kolom komentar. Saya dulu juga sering bertanya kok, sampai akhirnya bisa lebih mahir bikin desain sendiri.

 

2 Comments Mau Belajar Desain Grafis? Hanya Butuh 20 Menit (Untuk Pemula)

  1. Deady Ady

    menarik nih dijadikan informasi dan tutorial untuk pembelajaran dalam membuat design sendiri. panduan yang sangat lengkap dan mudah dimengerti bagi saya yg pemula dalam hal design grafis.. ijin bookmark ya sob, makasih

    Reply

Leave a Reply